Wednesday, May 20, 2015

Memasarkan Produk Kelapa Sawit

7:25 PM Posted by Penulis 2 comments

Pasar minyak sawit ( CPO ) banyak diserap oleh industru pangan, terutama industri minyak goreng dan industri non pangan seperti industri kosmetik dan nonpangan. Bahkan , minyak sawit sudah mulai banyak dimanfaatkan sebagai salah satu sumber bahan bakar (palm biodiesel).

Pola Pemasaran Produk Kelapa Sawit
Dilihat dari pengusahanya, perkebunan kelapa sawit Indonesia dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu perkebunan rakyat, perkebunan besar negara, dan perkebunan besar swasta. ketiga jenis perkebunan tersebut tentu memiliki pola pemasaran produk kelapa sawit yang berbeda.

 1. Pola pemasaran perkebunan rakyat
perkebunan kelapa sawit yang dikelola oleh rakyat memiliki luas lahan yang terbatas, yaitu 1 - 10 ha. dengan luas lahan tersebut tentunya menghasilkan produk TBS yang terbatas pula sehingga penjualannya sulit dilakukan apabila ingin menjualnya langsung ke prosesor/industri.





Pengolahan . Oleh karena itu, para petani harus menjual pedagang tingkat desa yang dekat dengan lokasi kebun atau melalui KUD, kemudian berlanjut ke pedagang besar hingga ke prosesor / industri pengolahan. Pola perkebunan rakyat dapat dilihat pada gambar diatas

Panjangnya rantai pemasaran TBS pada perkebunan rakyat menyebabkan tingkat keuntungan yang diperoleh petani relatif kecil. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan pendapatan petani dengan melakukan pembinaan dan memperpendek pemasaran. pemerintah dalam hal ini melakukan pengaturan fungsi masing masing pelaku dalam rantai pemasaran dengan disertai pengaturan margin pemasaran yang menguntungkan bagi masing masing pelaku dalam rantai pemasaran dengan disertai pengaturan margin pemasaran dengan disertai pengaturan margin pemasaran yang menguntungkan bagi masing masing pelaku. pemeritah sebaiknya menetapkan margin pemasaran yang harus diterima petani minimal 70 % dari harga pelabuhan eksportir.

2. Pola pemasaran perkebunan besar negara dan swasta
pemasaran produk kelapa sawit pada perkebunan besar negara ( PBN ) dilakukan secara bersama melalui kantor pemasaran bersama (KPB), sedangakan untuk perkebunan besar swasta ( PBS), pemasaran produk kelapa sawit dilakukan oleh masing masing perusahaan. pada umumnya perusahaan besar, baik negara maupun swasta, menjual produk kelapa sawit dalam bentuk olahan yaitu minyak sawit mentah (CPO) dan minyak Inti Sawit

Kunjungu juga :

2 comments: