Tuesday, February 17, 2015

Pembuatan Teras dan Pemancangan Tanaman Kelapa Sawit

12:57 AM Posted by Penulis 1 comment


PEMBUATAN TERAS
            Berdasarkan bentuk dan manfaatnya teras tanaman kelapa sawit dibagi menjadi dua.

Teras Individu
            Teras individu disebut juga denga tapak kuda. Teras ini diperuntukan untuk areal dengan kemiringana antara 8 – 15 º. Teras individu dapat dikerjakan setelah sebagian areal selesai dipancang. Dengan berpedoman ada sistem pancang tanaman mata lima yang mengikuti arah pancang utara – selatan sesuai dengan kemiringan areal minimum dan maksimum yang sudah ditentukan. 

Teras Bersambung
            Disebut juga dengan teras kontur. Jenis teras ini untuk areal dengan kemiringa lebih dari 15 – 20 º. Bentuk areal tersebut dikatakan bergelombang sampai dengan berbukit. Berbeda denga teras individu teras kontur dipasang dengan sebelum areal dipancang tanaman. Untuk mempermudah pemancangan, gunakan kawatyang diberi label.

            
PEMANCANGAN TANAMAN
           Pemancangan tanaman berkaitan dengan susunan penanaman dan jarak tanam, yang nantinya akan menentukan kerapatan tanaman. Kerapatana tanaman merupakan salah satu faktor yang memepengaruhi produktivitas tanaman kelapa sawit. Pemancangan tanaman pada areal kelapa sawit dapat dilaksanakan dengan dua cara. 


Sistem Mata Lima
Disebut juga segitiga sama sisi. Panjang sisinya merupakan jarak tanaman dalam barisan, sedangkan untuk tingginya merupakan jarak antar barisan tanaman. Sistem ini hanya dianjurkan untuk topografi areal yang rata rata bergelombang.

Sistem Kontur
            Sistem ini digunakan untuk topografi areal yang bergelombang hingga berbukit – bukit.
Jarak Antar Teraskontur
Jarak Antar Tanaman dalam Terasan
128 batang
138 batang
7.0
11.1
10.3
7.3
10.6
9.9
7.6
10.2
9.5
7.9
9.8
9.2
8.2
9.5
8.8
8.5
9.1
8.5
8.8
8.8
8.2

Antarteras kontur berbanding terbalik dengan jarak antar tanaman di dalam teras kontur. Semakin besar jarak antar teras kontur maka semakin kecil jarak antar tanamannya.


 Fauzi, yan., Widyastuti, Yustina E., Satyawibawa, Iman. (2012). Kelapa Sawit. Jakarta: Penebar Swadaya
http://togitampubolon.blogspot.com/2011/04/pembuatan-teras-kontur.html
http://jacq-planter.blogspot.com/2014/09/pancang-tanam-kelapa-sawit-pada-area.html 

1 comment: